Saat hendak merencanakan pernikahan, setiap calon pengantin pasti ingin memberikan yang terbaik untuk mewujudkan pesta pernikahan yang sempurna. Namun, terkadang tidaklah mudah. Tak jarang rasa penyesalan mulai timbul menjelang hari pernikahan. Banyak pengantin berharap dapat melakukan segala sesuatu dengan cara yang berbeda setelah kini lebih memahami apa yang seharusnya dikerjakan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut ini kami hadirkan 10 hal yang wajib diketahui sebelum merencanakan pernikahan. Berdasarkan pengalaman, saran berikut ini dijamin akan sangat berguna untuk para calon pengantin yang tengah berbahagia.

1. Detail kecil tidak akan terlalu diperhatikan! Sebelum hari pernikahan, Saya lumayan pusing dan khawatir mengenai tampilan dekorasi. Namun di hari pernikahan, bahkan saya sama sekali tidak memperhatikannya. Seandainya saja saya tidak membuang energi dan memusingkan sesuatu yang ternyata tidak terlalu berpengaruh pada kelancaran acara.

2. Jangan abaikan hubungan Anda! Andaikan saja saya meluangkan lebih banyak waktu untuk hubungan kami dan merencanakan kehidupan setelah pernikahan. Beberapa bulan pertama sebagai suami istri ternyata cukup sulit, hanya karena kami tidak mempersiapkannya secara matang. Semua ini dikarenakan saya terlalu fokus pada hari pernikahan semata.

3. Jika ada yang tak sesuai pada hari H, tenang saja! Andaikan saja saya tidak terlalu tegang karena ingin semuanya berjalan dengan sempurna karena kenyataannya akan ada hal-hal tak terduga yang mungkin saja terjadi di luar rencana. Menerima segala kesalahan dengan lapang dada akan mengurangi tingkat kekhawatiran Anda.

4. Fokuslah pada katering! Tak ada lagi yang lebih penting dari makanan dan minuman. Saya kini menyadari jika ada hal tertentu yang tidak sesuai, maka bagian terpenting adalah para tamu undangan dapat menikmati hidangan yang lezat dan minuman yang menyegarkan.

5. Anda tidak akan pernah merasa cukup cantik atau cukup langsing. Andaikan saja saya tidak terlalu memaksakan diri untuk tampil sempurna di hari pernikahan. Memang baik untuk tampil cantik pada hari pernikahan. Namun, ingin mewujudkan tampilan yang serba sempurna merupakan cita-cita konyol yang tidak ada gunanya.

6. Hari pernikahan mungkin tidak akan menjadi hari terbaik Anda dan itu adalah sesuatu yang wajar! Selama ini saya beranggapan kalau hari pernikahan akan dan harus menjadi hari paling istimewa dalam hidup saya, namun kenyatannya tidak seperti itu. Hari tersebut memang diperuntukan sebagai hari perayaan, namun membebankan hari tersebut dengan ekspektasi yang terlalu tinggi dapat menghancurkan segalanya.

7. Buat daftar berisi detail dan momen apa saja yang Anda ingin untuk diabadikan oleh fotografer. Saya menyesal tidak membuat daftar spesifik yang dapat memudahkan tugas fotografer tersebut. Jangan berasumsi bahwa tim fotografer akan mengabadikan semua yang Anda inginkan tanpa memberikan informasi sebelumnya. Hal ini mungkin merupakan salah satu penyesalan terbesar saya karena ada beberapa momen dan detail pernikahan yang tidak tercermin pada hasil dokumentasi pernikahan.

8. Delegasikan tugas-tugas dan jangan mengontrol segala sesuatunya sendiri! Ini merupakan sebuah tantangan tersendiri karena saya ingin terlibat dalam setiap hal hingga kelelahan. Saya kini menyadarai bahwa sangatlah penting untuk mempercayakan semuanya pada orang-orang yang bisa diandalkan dan bisa dipercaya.

9. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan Anda! Karena saya terlalu khawatir dan sibuk dengan perencanaan pernikahan, saya malah mengabaikan kesehatan dan kehidupan pribadi saya. Padahal menjaga kesehatan fisik dan mental sebelum pernikahan sangatlah penting. Jika tidak, energi Anda akan terkuras habis sebelum saatnya tiba.

10. Anda tidak akan menyesal menggunakan jasa wedding planner profesional. Jika Anda adalah seorang pekerja dengan jadwal yang padat, menambahkan urusan persiapan pernikahan bisa menyebabkan kekacauan. Menggunakan jasa wedding planner tentu membutuhkan biaya tertentu, namun mereka akan sangat membantu dalam proses tersebut. Anda tidak akan merasa menjalankan ini semua sendiri dan mungkin saja dapat membuat Anda menghemat waktu, tenaga, dan yang paling penting menghindari stres yang tidak perlu.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *